mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat

Home >Berita >Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
Diposting : Selasa, 23 Apr 2024, 10:30:18 | Dilihat : 57 kali
Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat


Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat

 

Jember – Hari Raya Idul Fitri serasa tidak lengkap tanpa adanya Halal bi Halal, sebuah moment saling bertemu, saling bermaaf-maafan, bertukar cerita dan lain sebagainya yang dilakukan pada bulan Syawal. Tradisi ini sudah berjalan di negara kita Indonesia sejak zaman dahulu yang bertujuan untuk menambah ikatan silaturrahim antar keluarga dan teman serta menjadi moment untuk saling bermaafan. Ma’had al Jami’ah UIN KHAS Jember juga melaksanakan acara ini pada tiap tahunnya. Dan pada Syawal kali ini, acaara halal bi halal dilaksankan pada hari senin 22 April 2024 (tadi malam) di Masjid Sunan Kalijaga di area kampus.

Acara  yang dihadiri oleh wakil rektor III UIN KHAS Jember, Dr. Khairul Faizin dan juga  seluruh pengelola Ma’had beserta jajarannya ini diawali dengan lantunan sholawat Nabi yang menggema merdu memenuhi seluruh masjid. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al Qur’an membawa para tamu undangan dan mahasantri hening sejenak untuk mendengarkan dan merenungkan ayat-ayat suci al Qur’an.

Direktur Ma’had al Jami’ah, Kiai Fathor Rahman, M.Sy dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Ma’had al Jami’ah terdiri dari tiga unsur, yaitu tadarrus (dalam bentuk madrasah diniyah), ta’allum (ta’limul afkar) dan ta’arruf fi al-diin , yaitu mengenal tradisi keagamaan yang diantaranya adalah dengan melaksanakan kegiatan halal bi halal. Beliau berpesan kepada para mahasantri untuk terus melaksanakan tiga unsur di atas baik ketika berada di Ma’had ataupun di luar Ma’had. Beliau juga berpesan untuk terus semangat dalam melaksanakan kegiatan apapun yang dilaksanakan di Ma’had, karena hal itu akan membawa kebaikan dan manfaat baik bagi mahasantri sendiri ataupun bagi masyarakat secara umumnya.

Sementara itu, bapak  wakil rektor III, Dr. Khairul Faizin dalam sambutannya mengatakan bahwa para mahasantri harus berbahagia karena bisa menjadi bagian dari Ma’had. Hal ini tidak lain karena dengan berada di Ma’had, para mahasantri akan dibekali dengan berbagai ilmu, antara lain adalah baca tulis al-Qur’an dan pengetahuan agama lain. Seiring dengan itu, bapak wakil rektor III juga menyampaikan bahwa sarana dan pra sarana yang ada di Ma’had akan segera diperbaiki dan dilengkapi demi berjalannya kegiatan Ma’had dengan baik dan lancar.

Di akhir sambutannya, beliau mengutip satu filosofi hidup dari Jack Ma, seorang pebisnis berkebangsaan Tiongkok yang mengatakan bahwa “ Today is difficult.. Tomorrow is very difficult… After tomorrow is beautiful… But more people die tomorrow evening” . Hari ini adalah kesulitan. Esok adalah lebih sulit. Dan lusa adalah keindahan dan kesuksesan. Tapi kebanyakan orang mati atau berputus asa pada esok sore.  Menurut Dr. Faizin, kita seharusnya belajar dari filosofi ini bahwa menjadi manusia tidak boleh mudah berputus asa, karena kesuksesan akan datang kepada kita setelah kita melewati berbagai kesulitan atau kesusahan.

Melalui moment halal bi halal  kali ini, Keluarga besar Ma’had al Jami’ah UIN KHAS Jember menyampaikan mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan dan kekurangan, mudah-mudahan kita semua menjadi sosok manusia yang lebih kuat dalam menjalani kehidupan dan tidak mudah berputus asa.

(Penulis : Ibanah )

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;