mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Halaqah Shufiyah dan Dauroh Ilmiyah Bersama Syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati

Home >Berita >Halaqah Shufiyah dan Dauroh Ilmiyah Bersama Syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati
Diposting : Minggu, 20 Nov 2022, 00:20:10 | Dilihat : 252 kali
Halaqah Shufiyah dan Dauroh Ilmiyah Bersama Syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati


Halaqah shufiyah dan dauroh ilmiyah dalam rangka kerjasama luar negeri bersama syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati (ulama’ dari Gaza Palestina) telah berlangsung pada hari jumat, 18 November 2022 pukul 08.00 WIB di Masjid Sunan Kalijaga yang melibatkan seluruh jajaran pengelola dan Mahasantri Ma’had al- Jami’ah UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

Kagiatan ini dimulai dengan pembacaan tawasul yang dipimpin oleh Bapak Dr. KH. Rosyadi Badar, M.Pd.I, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh mahasantri Ma’had Al-Jami’ah, sambutan oleh kepala pusat layanan kerjasama dan international office oleh Bapak Dr. Achmad Fathor Rosyid, M.Si, sholawat mahalul qiyam, kemudian acara inti yaitu Halaqah shufiyah dan dauroh ilmiyah oleh syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati, dan terakhir adalah penutup dan penandatanganan kerjasama.

Pada kegiatan tersebut, syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati didampingi oleh kiai mush’ab Muqqoddas, Lc sebagai penerjamah. Nama lengkap beliau adalah syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Ar-Rafati Al-Jailani Al Hasani yang merupakan cicit dari Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Banyak hal yang beliau sampaikan dalam ceramahnya. Diantara pesan-pesan penting yang beliau sampaikan adalah tentang ilmu. syekh Dr. Sayyid Ammar Azmi Arrafati menyebutkan bahwa ilmu mempunyai kedudukan besar dan paling penting dalam setiap kehidupan manusia. Bukti pentingnya ilmu ini, diperkuat dengan ayat yang pertama kali diturunkan  Allah SWT adalah ayat tentang ilmu yakni surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5. Kedudukan ilmu diterangkan pula dalam banyak hadits, salah satunya adalah dalam sebuah hadits yang artinya: Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga (HR. Muslim).

Beliau juga menyampaikan bahwasanya pahala menuntut ilmu sama dengan pahala orang yang berperang di jalan Allah, sama dengan pahala orang yang berpuasa, dan sama dengan pahala orang yang beribadah sepanjang malam. Beliau berpesan, Semangat menuntut ilmu niatkan sebagai semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

UIN KHAS Jember berharap agar senantiasa dapat bekerjasama dengan institusi maupun ulama’-ulama’ Internasional yang telah mendedikasikan ilmunya untuk dakwah Islam. (Red. Mudrikah/Ed. Silfiyah).

Berita Terbaru

Muhadhoroh : Ajang Persiapan Mahasantri Mahad UIN KHAS Jember dalam Kiprah kepada Masyarakat
21 Mar 2024By Adminweb
Cinta Rasulullah Mengantar Santri Mahad al Jamiah menjemput Ramadlan
08 Mar 2024By mahad
ALUR PENDAFTARAN UJIAN BTQ-PPI
24 Jan 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;