mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Ma`had Al-Jami`ah Mengadakan Bukber; Kiai Berpesan tentang Kesabaran

Home >Berita >Ma`had Al-Jami`ah Mengadakan Bukber; Kiai Berpesan tentang Kesabaran
Diposting : Kamis, 14 Apr 2022, 21:05:21 | Dilihat : 259 kali
Ma`had Al-Jami`ah Mengadakan Bukber; Kiai Berpesan tentang Kesabaran


Ma`had Al-Jami’ah Mengadakan Bukber;  Kiai Berpesan tentang Kesabaran

 

Kamis, 14 April 2022 bertepatan dengan 12 Ramadan 1443, Ma’had Al-Jami’ah UIN KHAS Jember mengadakan kegiatan buka bersama di Masjid Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dihadiri para pengelolah ma’had dan segenap mahasantri putra dan putri Ma’had Al-Jami’ah UIN KHAS Jember.

Acara diawali dengan selawat nabi yang dilantunkan oleh grup banjari Ma’had Al-Jami’ah. Acara dilanjutkan dengan mauizah hasanah, salat magrib, dan buka bersama.

Kiai Hakim, sekretaris Ma’had Al-Jami’ah, menyampaikan materi mauizah dalam acara tersebut. Kiai Hakim mengingatkan momen penting yang berlangsung pada 11 Ramadan kemarin, yaitu haul Sayyidah Khodijah Al-Kubro, Istri Rasulullah Saw. yang telah mendukung penuh dakwah Islam.

Selain itu, beliau menyampaikan materi tentang salah satu hikmah dari puasa, yaitu melatih kesabaran. Sabar merupakan salah satu syarat mencari ilmu. Seorang santri harus sabar dalam segala hal, yaitu saat ia jauh dari orang tua, atau ketika menghadapi cobaan. Hal demikian sebagaimana dikutip dari syair Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang dimuat di dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji.

Kiai Hakim juga menjelaskan bahwa sabar adalah kunci dari segalanya. Jika seseorang ingin sukses, ia harus sabar. Begitu pula, jika ia ingin mencapai sebuah tujuan, ia juga harus sabar. Hal itu sebagaimana firman Allah dalam Alquran Surah Al-Baqoroh ayat 45, di mana Allah telah memerintahkan manusia untuk meminta pertolongan dengan cara bersabar dan salat. (Silfi&Shdq)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;