mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Menyemarakkan Maulid Nabi, Ma`had al-Jami`ah Gelar Simaan Al-Qur`an bil Ghaib

Home >Berita >Menyemarakkan Maulid Nabi, Ma`had al-Jami`ah Gelar Simaan Al-Qur`an bil Ghaib
Diposting : Jumat, 07 Oct 2022, 11:23:57 | Dilihat : 266 kali
Menyemarakkan Maulid Nabi, Ma`had al-Jami`ah Gelar Simaan Al-Qur`an bil Ghaib


Kamis, 6 Oktober 2022 Mahad Al-Jami’ah UIN KHAS Jember menyelenggarakan kegiatan simaan Al-Qur’an bil Ghaib sebagai rangkaian dari kegiatan Khotmil Qur’an dan Diba’iyah Kubro.

Simaan Al-Qur’an adalah kegiatan membaca, menyimak dan mendengarkan Al-Qur’an secara bersama-sama. Ada yang membaca (tanpa melihat Al-Qur’an) dan ada yang menyimak. Kegiatan simaan ini berlangsung selama 10 jam yaitu mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB yang diikuti oleh 30 santri tahfidz pilihan, terdiri dari 12 santri putri dan 18 santri putra.

Kegiatan simaan Al-Qur’an ini merupakan kegiatan perdana di Ma’had Al-Jami’ah UIN KHAS Jember. Neng lilis sebagai salah satu panitia yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini menyampaikan;

“Prosesnya sangat menyenangkan dan melegakan, awalnya panitia deg-degan, mengingat acara seharian seperti ini baru pertama kali di divisi kesantrian. Alhamdulillah lancar.”

Dr. KH. Amin Fadlillah, Sq., M.A selaku koordinator divisi kesantrian menyampaikan 3 tujuan dari kegiatan simaan Al-Qur’an yang digelar di Masjid Sunan kalijaga tersebut; Pertama, Ta’abbudan lillahi ta’ala bahwasanya membaca Al-Qur’an semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT agar dapat berkah dan syafaat Al-Qur’an. Kedua, Menyemarakkan kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan Al-Qur’an, karna ekspresi cinta kepada nabi tidak hanya dengan shalawat tetapi juga dengan membaca Al-Qur’an. Ketiga, Menguatkan hafalan Al-Qur’an mahasantri program tahfidz Mahad Al-Jamiah UIN KHAS Jember.

“Siaman Al-Qur’an merupakan metode yang dapat menguatkan hafalan Al-Qur’an mahasantri. Akan berbeda hasilnya ngaji sendiri dengan ngaji disemak, bahkan di masjid dengan speaker yang bisa di dengar oleh banyak orang, live youtube pula. Sehingga perlu persiapan panjang untuk menguatkan hafalannya dan itu tidak mudah” tutur kiai Amin

Beliau juga menambahkan,

“Secara teknis, persiapannya yaitu mengulang-ulang bacaan Qurannya, sedangkan non teknisnya adalah menyiapkan diri secara mental karna hal ini tidak mudah, apalagi bagi para pemula. Kalau tidak biasa mengaji di depan umum , disimak banyak orang, dan tidak memiliki mental yang kuat, maka hafalannya bisa hilang.”

Kedepannya kegiatan simaan Al-Qur’an ini akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan 1 hingga 2 bulan sekali, sehingga dapat turut mewarnai kegiatan-kegiatan di Mahad Al-Jami’ah UIN KHAS Jember (Red. Mudrikah/ ed. Silfiyah)

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;