mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Momentum Megah Khotmil Qur'an dan Kreasi Santri: Berkah dan Kebahagiaan Merayakan Akhir Tahun di Ma'had al-Jami'ah UIN KHAS Jember

Home >Berita >Momentum Megah Khotmil Qur'an dan Kreasi Santri: Berkah dan Kebahagiaan Merayakan Akhir Tahun di Ma'had al-Jami'ah UIN KHAS Jember
Diposting : Rabu, 20 Dec 2023, 12:03:07 | Dilihat : 156 kali
Momentum Megah Khotmil Qur'an dan Kreasi Santri: Berkah dan Kebahagiaan Merayakan Akhir Tahun di Ma'had al-Jami'ah UIN KHAS Jember


Jember, 14 Desember 2023 - Kegiatan rutin Ma'had al-Jami'ah yang diselenggarakan dalam rangka mengakhiri kegiatan sebelum liburan panjang, menghadirkan momen penuh keberkahan dan kehangatan. Kegiatan bertajuk "Khotmil Qur'an, Dibaiyah Kubro & Kreasi Santri" ini diikuti oleh seluruh mahasantri, alumni, pengasuh Ma'had, dan dihadiri oleh beberapa tamu kehormatan, antara lain Rektor UIN dan para mu'allim/ah.
Acara dimulai dengan sholat subuh berjamaah seluruh blok di Masjid UIN KHAS, menciptakan atmosfer spiritual yang khusyuk dan penuh kebersamaan. Pembukaan Khotmil Qur'an bil Ghaib oleh Buya Amin memberikan nuansa keagungan dalam acara tersebut.
Sesuai dengan agenda, santri putri dan alumni mengadakan Semaan Al-Qur'an di Masjid Sunan Kalijaga UIN KHAS, sementara santri putra dan alumni di Masjid Sunan Ampel UIN KHAS. Proses kegiatan ini dilanjutkan dengan sholat berjama'ah di Masjid, menguatkan ikatan ukhuwah islamiyah di antara para santri.
Puncak acara terjadi dengan pembacaan Maulid Diba' dan doa khotmil qur'an oleh KH. Imam Baghowi, menyemarakkan ruang Masjid dengan keharuan dan kesakralan. Kegiatan dimulai dengan Pembukaan kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Wilda Fifi Risqiyah.
Sambutan dari Rektor UIN, Prof. Dr. Hefni M.M., CPEM, menciptakan momen introspeksi dengan menyampaikan, "1000 retorika akan kalah dengan 1 tindakan keteladanan." Pesan tersebut memberikan inspirasi kepada seluruh peserta untuk lebih menghayati ajaran yang telah dipelajari di Ma'had.
KH. Imam Baghowi Burhan, sebagai pemateri utama, menyampaikan inti pesan dalam bentuk "3 Kunci Kebahagiaan." Pertama, senantiasa bersyukur dalam segala hal; kedua, senantiasa bersabar dalam menghadapi problematika hidup; dan ketiga, memperbanyak beristighfar. Pesan ini memberikan landasan spiritual bagi para santri untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.
Kreasi Santri yang ditampilkan sebagai penutup acara menunjukkan bakat dan kreativitas santri, mengakhiri kegiatan dengan kegembiraan dan semangat positif.
Kegiatan ini tidak hanya memberikan bekal pengetahuan keagamaan, tetapi juga menguatkan ikatan antar-santri serta memberikan inspirasi untuk menjalani kehidupan dengan penuh kebahagiaan dan keteladanan. Semoga, semangat kebersamaan ini akan terus membawa berkah dan kebaikan bagi semua peserta.(Reporter: Abidah dan Parisca. Editor: Mudrikah)

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;