mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Persiapan Kelas Diniyah, Pengelola Ma`had Al-Jami`ah Adakan Rapat Dengan Para Mu`alim/Ah

Home >Berita >Persiapan Kelas Diniyah, Pengelola Ma`had Al-Jami`ah Adakan Rapat Dengan Para Mu`alim/Ah
Diposting : Senin, 05 Sep 2022, 03:14:32 | Dilihat : 289 kali
Persiapan Kelas Diniyah, Pengelola Ma`had Al-Jami`ah Adakan Rapat Dengan Para Mu`alim/Ah


Menyambut dimulainya kelas diniyah pada ahad 4 september 2022, pengelola ma’had al-Jami’ah adakan rapat koordinasi bersama para mu’allim dan mu’allimah yang akan mengajar pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

Direncanakan akan ada 7 kelas Diniyah Ula, 5 kelas Diniyah wustho, 3 kelas Diniyah  ulya, 3 kelas tahfidz, dan 1 kelas intensif dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 hingga 25 mahasantri.   Kelas yang telah diploting akan diampu oleh 41 mu’allim/ah yang ahli dalam bidangnya.

Kiai Zainul Hakim, S,E,I., M.Pd.I selaku pengelola ma’had al-Jamiah menyampaikan bahwasanya adanya kelas diniyah tersebut hakikatnya tidak hanya untuk mengugurkan kewajiban ma’had atau dengan kata lain “pokok e ono ngaji”, tetapi belau benar-benar berharap kegiatan dilakukan dengan sungguh-sungguh, sehingga harapannya santri benar-benar merasa “dirumati” oleh ma’had.

Untuk mensukseskan kelas diniyah terutama dalam bidang al-Qur’an, terdapat Program baru yang digagas oleh divisi ta’lim. Program baru tersebut adalah wajibnya membaca al-Qur’an binnadhor minimal 5 juz dalam jangka waktu 1 semester serta hafal surat-surat pendek pada juz 30. Program ini bertujuan agar bacaan al-Quran mahasantri selama di mahad benar-benar disimak oleh para musyrif/ah, murabby/ah serta mu’allim/ah. Tentu saja program ini akan dipantau dan direkam secara ketat dalam buku setoran al-Qur’an.

Harapan dari pengelola ma’had melalui kegiatan diniyah tersebut, minimal mahasantri dapat membaca al-Qur’an dengan tartil, menulis al-Qur’an dengan benar, dapat dengan tepat melaksanakan praktik ibadah, serta hafal surat-surat pada juz 30 sehingga hasila akhir yang diharapkan dapat lulus ujian BTQ (Baca Tulis Quran dan PPI (Praktik Pengamalan Ibadah) dengan mudah.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh 23 mu’allim/ah ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Spetember 2022 pukul 18.00- 20.00 WIB di studio Mahad al-Jami’ah. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, kemudian pengarahan dari pengelola ma’had tentang teknis pelaksanaan ta’lim diniyah, kemudian sesi diskusi dan Tanya jawab, terakhir kegiatan ini ditutup dengan doa. (Red. Mudrikah)

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;