mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Ta`lim Diniyah Ma`had Al-Jami`ah Resmi Dimulai

Home >Berita >Ta`lim Diniyah Ma`had Al-Jami`ah Resmi Dimulai
Diposting : Senin, 05 Sep 2022, 03:18:27 | Dilihat : 262 kali
Ta`lim Diniyah Ma`had Al-Jami`ah Resmi Dimulai


Pada malam yang dingin, mahasantri berbondong-bondong memasuki kelas diniyah masing-masing dengan penuh antusias. Antusias mahasantri ini terlihat dari kehadiran mahasantri di awal waktu serta penuhnya kelas-kelas diniyah yang telah dibagi.

Ahad, 4 September 2022, kegiatan Ta’lim Diniyah resmi dimulai. Terdengar gema lantunan bacaan shalawat dan bacaan Al-Qur’an diseluruh penjuru ruangan yang ditempati oleh para mahasantri dalam kelas diniyah. Bertepatan pada hari ahad, di setiap tingkatan kelas diniyah, baik kelas diniyah ula, diniyah wustho, diniyah ulya, kelas tahfidz, dan kelas intensif mata pelajarannya adalah pokok-pokok ilmu tajwid yang langsung diimplementasikan dalam bacaan al-Qur’an. Gema bacaan Al-Qur’an ini terdengar mulai pukul 19.00 WIB hingga berakhirnya kelas diniyah pukul 20.30.

Kelas diniyah ula dijadwalkan 4 mata pelajaran, yaitu pokok-pokok ilmu tajwid, tuntunan shalat, safinatun Najah, dan teori dasar nahwu shorof. Kelas diniyah wustho juga  dijadwalkan 4 mata pelajaran, meliputi pokok-pokok ilmu tajwid, arba’in nawawi, tadzhib, dan mukhtasor jiddan. Sama halnya dengan 2 kelas sebelumnya, kelas diniyah ulya juga dijadwalkan 4 mata pelajaran yakni pokok-pokok ilmu tajwid, bulughul maram, fathul qorib, dan imrithy. Sedangkan pada kelas tahfidz karna diperuntukkan bagi para penghafal Al-Qur’an maka matapelajarannya full al-Qur’an. Adapun kelas intensif,  merupakan kelas yang diperuntukkan bagi mahasantri yang bacaan al-Qur’annya membutuhkan bimbingan khusus, hanya dijadwalkan untuk 2 mata pelajaran yaitu pokok-pokok ilmu tajwid dan tuntunan shalat.

Ta’lim diniyah ini akan belangsung selama 1 tahun akademik penuh setiap hari ahad hingga rabu. Mahasantri berharap melalui kegiatan ta’lim diniyah, mereka mendapatkan ilmu baru sehingga dapat menambah pengetahuannya. (Red. Mudrikah)

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;