mahad@uinkhas.ac.id 081311104150

Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran

Home >Berita >Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
Diposting : Rabu, 03 Apr 2024, 14:25:47 | Dilihat : 101 kali
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran


Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Salah satunya adalah karena adanya perisitiwa bersejarah yakni Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa dimana kitab suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW  melalui perantara malaikat Jibril. Seluruh umat Islam bergembira dan berlomba-lomba meraih keberkahan malam Nuzulul Qur’an. Tak terkecuali para mahasantri Ma’had UIN KHAS jember.

 Senin, 1 April 2024, Ma’had al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggelar acara malam Nuzulul Qur’an yang dikemas dalam bentuk khotmil Qur’an dan dibaiyah kubro. Acara ini dilengkapi dengan buka bersama yang bertempat di Masjid Sunan Kalijaga UIN Khas dengan  dihadiri oleh rektor UIN Khas Jember beserta wakilnya, direktur ma’had beserta para pengelola dan jajarannya, pengasuh, mu’allim/ah, pengurus dan seluruh mahasantri baik putra maupun putri.

Acara dimulai pada jam 16.30 dimana seluruh mahasantri bergegas ke masjid untuk membaca rotibul haddad  bersama yang dipimpin oleh pengasuh. Dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah dan buka bersama, moment ini menjadi salah satu ajang silaturrahim antar mahasantri dan seluruh jajaran ma’had al Jami’ah. Setelah itu seluruh mahasantri melaksanakan sholat isya’ dan tarawih berjama’ah dilanjutkan dengan acara inti yaitu peringatan malam nuzulul qur’an. Diawali dengan lantunan sholawat Nabi oleh tim hadrah ma’had, menjadikan acara ini semakin meriah dalam kesyahduan. Doa khotmil Qur’an dan sholawat mahallul qiyam merupakan rangkaian acara berikutnya, membawa seluruh yang  hadir semakin merasakan cahaya cahaya qur’ani dan syafaat Nabi Muhammad SAW.

 Acara ini semakin lengkap dengan adanya siraman rohani rektor UIN Khas Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag.,M.M.,CPEM. Beliau berharap dengan adanya peringatan nuzulul qur’an, kita seluruh umat Islam  mendapatkan barokah al Qur’an. Selain itu, bapak rektor juga berpesan kepada seluruh mahasantri tentang 3 hal. “Saya berpesan kepada kalian untuk menerapkan 3 bekal ini, yaitu santri wajib menunjukkan perubahan, berprilaku baik dan selalu bersemangat untuk berbagi” jelasnya. Pesan ini merupakan salam pisah rektor kepada seluruh mahasantri sebelum mereka menikmati libur Hari Raya Idul Fitri mulai 3 April - 21 April 2024.

Selamat berlibur, selamat berbahagia bersama keluarga, salam Ramadlan dan Salam Idul Fitri

(Reporter : Abida, Penulis: Ibanah)

Berita Terbaru

Halal bi Halal : Moment Memperkuat Diri menjadi Lebih Kuat
23 Apr 2024By Adminweb
Jalin Keakraban dengan Silaturrahim
22 Apr 2024By Adminweb
Tiga Bekal Rektor bagi Para Mahasantri UIN KHAS Jember pada Acara Nuzulul Quran
03 Apr 2024By mahad

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;